Ditaklukkan Kroasia, Spanyol Berjumpa Italia di 16 Besar

Ditaklukkan Kroasia, Spanyol Berjumpa Italia di 16 Besar

Ditaklukkan Kroasia, Spanyol Berjumpa Italia di 16 Besar

Taruhan Bola Online, Bordeaux – Spanyol ditaklukkan Kroasia dengan score 1-2 pada pertandingan terakhirnya di fase group Piala Eropa 2016. Kekalahan itu bikin La Furia Roja bakal berjumpa Italia di babak 16 besar.

Pada kompetisi di Stade de Bordeaux, Bordeaux, Rabu (22/6/2016) dinihari WIB, Spanyol turunkan tim terbaiknya. Beberapa nama seperti David de Gea, Sergio Ramos, Sergio Busquets, serta Andres Iniesta tetaplah tampak sebagai starter. Sesaat lini depan masihlah di isi oleh Alvaro Morata, David Silva, serta Nolito.

Di kubu Kroasia, ada beberapa pergantian susunan pemain. Luka Modric sangat terpaksa tidak hadir lantaran cedera, sesaat Mario Mandzukic diistirahatkan. Sebagai ubahnya, Marko Rog serta Nikola Kalinic tampak mulai sejak menit pertama.

Spanyol unggul lebih dahulu lewat gol cepat Morata pada menit ketujuh. Tetapi, Kroasia dapat menyamai kedudukan melalui sontekan Kalinic pada menit ke-45.

Pada paruh ke-2, Spanyol miliki kesempatan emas untuk kembali memimpin sesudah wasit menghadiahkan penalti. Namun, penalti itu tidak berhasil dimaksimalkan oleh Ramos.

Mendekati selesainya kompetisi, tepatnya pada menit ke-87, Kroasia cetak gol keduanya. Satu serangan balik kilat dituntaskan Ivan Perisic jadi gol.

Dengan hasil ini, Kroasia tampak sebagai juara Group D dengan perolehan tujuh poin dari tiga pertandingan. Spanyol mesti senang jadi runner-up dengan enam poin.

Di babak 16 besar, Kroasia bakal berjumpa tim peringkat ketiga paling baik dari group B, E, atau F. Disamping itu, Spanyol bakal melawan Italia, yang telah di pastikan memenangkan Group E.

Jalannya Pertandingan

Spanyol memimpin karena gol cepat Morata pada menit ketujuh. Satu serangan yang tersusun rapi bikin Spanyol unggul melalui kesempatan pertama mereka.

David Silva yang kuasai bola diluar kotak penalti kirim umpan terobosan pada Cesc Fabregas. Fabregas yang tidak terkawal lalu kirim bola ke mulut gawang. Morata dengan gampang menceploskannya ke gawang kosong. Kroasia 0, Spanyol 1.

Sebagian waktu lalu, Spanyol hampir melipat-gandakan kelebihannya. Umpan silang Silva disambar Nolito, namun arah bola masihlah sedikit melebar.

Satu kekeliruan Sergio Ramos dalam mengoper bola pada menit ke-12 bikin gawang Spanyol terancam. Bola dikuasai Kalinic, yang lalu melepas tembakan keras ke arah gawang. Mujur buat Spanyol, David de Gea masihlah dapat menepis tembakan Kalinic.

Baca Juga : Swiss Buang-buang Kesempatan, Pujian untuk Yann Sommer

Dua menit berselang, giliran De Gea yang lakukan blunder. Sesudah terima back pass, dia tidak dapat buang bola dengan prima. Ivan Rakitic yang lihat posisi De Gea cukup jauh dari gawang coba men-chip bola, namun usahanya digagalkan mistar gawang.

Spanyol memperoleh peluang untuk memberi kelebihannya pada menit ke-23. Silva melepas tembakan dari luar kotak penalti, namun penjaga gawang Danijel Subasic masihlah dapat menyelamatkan gawang Kroasia.

Kesempatan yang didapat Nolito pada menit ke-28 juga tidak berbuah gol. Tembakannya beralih arah sesudah tentang kaki pemain Kroasia serta sedikit melenceng dari gawang.

Kroasia menyamai kedudukan saat kompetisi masuk menit ke-45. Perisic yang lakukan penetrasi di segi kiri dengan cerdik mengecoh Juanfran serta lalu melepas umpan silang. Kalinic sukses mengoptimalkan umpan silang itu sesudah lolos dari kawalan Ramos. Sontekan tumitnya memaksa De Gea bertekuk lutut. Babak pertama selesai dengan score sama kuat 1-1.

Jual beli serangan berlangsung pada awal babak ke-2. Spanyol miliki kans melalui Juanfran serta Morata, namun tembakan-tembakan mereka tidak menghadap ke tujuan.

Pada menit ke-57, berlangsung ketegangan di kotak penalti Spanyol. De Gea coba mencapai umpan silang dari Darijo Srna, namun bola jadi jatuh ke kaki Tin Jedvaj. Tembakan Jedvaj dapat dimentahkan De Gea, tetapi bola muntah menghadap ke Marko Pjaca, yang menyongsong si kulit bundar dengan sepakan salto. Mujur buat Spanyol, arah bola masihlah melebar.

Kroasia memohon penalti pada menit ke-64 sesudah Pjaca terjatuh waktu coba melalui Ramos. Tetapi, wasit Bjorn Kuipers tidak berasumsi peristiwa itu sebagai satu pelanggaran.

Pada menit ke-67, Ramos berpeluang membawa Spanyol unggul lagi. Sial untuk dia, sundulannya melanjutkan sepak sudut Silva masihlah sedikit melenceng.

Masuk menit ke-70, Spanyol memperoleh hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih sesudah lihat Sime Vrsaljko menjatuhkan Silva di kotak penalti. Walau diprotes keras oleh kubu Kroasia, wasit bergeming.

Penalti itu di ambil oleh Ramos pada menit ke-72. Tetapi, Ramos tidak berhasil mengoptimalkannya lantaran tembakannya ke arah tengah dapat diblok oleh Subasic.

Malapetaka mendatangi Spanyol waktu saat normal tersisa tiga menit. Satu serangan balik cepat Kroasia bikin mereka kebobolan untuk ke-2 kalinya. Perisic yang menusuk melalui segi kiri kotak penalti berhasil mengalahkan De Gea lewat tembakannya ke arah tiang dekat. Kroasia juga berbalik unggul 2-1.

Spanyol berusaha keras untuk menyamai score di bekas saat. Tetapi, usaha mereka tidak membawa hasil.

Susunan Pemain
Kroasia : Subasic, Srna, Corluka, Jedvaj, Vrsaljko, Rog (Kovacic 82′), Badelj, Perisic (Kramaric 90+4′), Rakitic, Pjaca (Cop 90+2′), Kalinic

Spanyol : De Gea, Juanfran, Pique, Ramos, Alba, Fabregas (Thiago 84′) , Busquets, Iniesta, Silva, Nolito (Bruno 60′), Morata (Aduriz 67′)