Klopp: Coutinho Bisa Main di Lima Posisi

Klopp: Coutinho Bisa Main di Lima Posisi

Klopp: Coutinho Bisa Main di Lima Posisi

Berita Bola, Manajer Liverpool Jurgen Klopp menyebut Philippe Coutinho seharusnya tidak memiliki posisi tetap dalam sebuah tim dan seharusnya dibiarkan demikian.

Coutinho awalnya adalah gelandang tengah. Akan tetapi dalam skema 4-3-3 yang dipakai oleh Liverpool, ia dimainkan di pos sayap kiri.

Klopp sendiri bahkan menyebut posisi itu sebagai pos sayap nomor 10. Coutinho memang tampil cemerlang di posisi tersebut. Dari sana ia bisa menyisir sayap kanan lawan dan kemudian memotong ke tengah untuk kemudian memberikan umpan atau mencetak gol melalui tendangan terukurnya.

Namun jelang akhir musim 2016-17 kemarin, Klopp sempat memainkannya lebih dalam ke tengah lapangan. Hasilnya pun bagus dan pemain asal Brasil tersebut tetap bisa menunjukkan kualitasnya. Hal yang sama juga terlihat saat mengalahkan Leicester City di pentas Premier League Asia Trophy akhir pekan kemarin.

Baca Juga : Insigne Juve Tetap Kuat Tanpa Bonucci

Moncernya penampilan Coutinho tersebut membuat Klopp kini bersiap untuk memainkannya di posisi-posisi lain. Ia tidak akan terpaku untuk memainkannya di sayap kiri atau tengah saja.

“Posisinya tidak tetap dan ia seharusnya tidak memiliki posisi tetap. Lihatlah melawan Leicester. Gini (Wijnaldum) dan Hendo tidak bisa bermain bersama karena kami memiliki dua pemain No 6 saat ini. Salah satu atau yang lain. Tentu mereka bisa bermain bersama tapi Anda tidak bisa melakukannya (melawan Leicester). Kemudian dengan Adam (Lallana) dan Phil dan Gini itu benar-benar formasi lini tengah yang sangat ofensif. Kita perlu memiliki pilihan yang berbeda ini,” tuturnya seperti dilansir Liverpool Echo.

“Sistem tidak begitu penting. Tentu saja itu penting tapi tidak sebanyak jika Anda bisa memainkan sistem yang berbeda. Anda bisa memainkan setiap sistem yang Anda tahu, selama mereka masuk akal. Ini untuk saat ini adalah bagaimana kita harus bekerja sama dengan para pemain,” serunya.

“Jadi, ini sangat masuk akal seperti ini dan Phil bisa bermain setiap hari di sekitar lima posisi – di semua sistem yang berbeda ini. Itu keren. Anda harus melakukan hal yang benar pada saat yang tepat. Posisi mana yang kami mainkan, saya tidak peduli,” tandas Klopp.