Taktik Sarri Dinilai Tak Manjur Jika Tanpa Eden Hazard

Taktik Sarri Dinilai Tak Manjur Jika Tanpa Eden Hazard

Taktik Sarri Dinilai Tak Manjur Jika Tanpa Eden Hazard

Berita Bola, Chelsea memang berhasil mengalahkan Newcastle United 2-1 ketika melakoni laga lanjutan Premier League 2018/19, Minggu (13/1) ini hari WIB tadi. Namun, permainan skuat Chelsea dinilai biasa-biasa saja, bahkan di bawah standar.

Sejak kedatangan Maurizio Sarri, Chelsea memang mengalami banyak perubahan. Sari dikenal dengan taktiknya ‘Sarri-ball’ yang mengutamakan sepak bola umpan-umpan pendek dengan Jorginho sebagai pendulum dalam peran deep lying playmaker.

Meski demikian, tampaknya taktik Chelsea itu tak begitu hebat bagi sebagian orang, khususnya bagi Ian Wright. Dia merasa tak ada sesuatu yang istimewa pada permainan Chelsea, hanya seperti sepak bola yang mendominasi penguasaan bola lainnya.

Sebagai pengamat sepak bola, Wright benar-benar tak paham apa itu Sarri-ball. Menurut kacamatanya, Sarri-ball sebenarnya tak bisa berfungsi tanpa Eden Hazard.

“Bagi saya tampaknya jika Hazard tak melakukan sesuatu yang luar biasa, saya tak tahu apa itu sarri-ball, karena mereka berusaha tampil begitu presisi. Anda bisa mengatakan mereka tak butuh striker [karena Sarri memilih tiga penyerang sayap di depan], tapi ada area di mana seharusnya seorang striker bisa berperan,” ungkap Wright di¬†Football London.

Baca Juga : Chelsea Disarankan Gaet Callum Wilson di Januari

“[N’Golo] Kante berusaha maju dan tak ada siapa pun di depannya, Willian berusaha berlari mengejarnya, Kane harus menahan bola, tapi itu bukan gaya bermainnya.”

Bahkan Wright menilai taktik Chlsea sama saja taktik yang sering dilakukan di sesi latihan ketika tak ada kiper. Chelsea hanya berputar-putar, memainkan bola dari kaki ke kaki tanpa membuat ancaman yang sebenarnya.

“Saya tak bisa memahami permainan mereka. Itu tampak seperti permainan yang anda lakukan di sesi latihan ketika tak ada kiper! Saya tak tahu apa itu Sarri-ball, saya masih cukup bingung,” tandasnya.

Salah satu masalah Chelsea adalah striker yang mumpuni. Alvaro Morata dan Olivier Giroud tak mampu mencetak gol di laga-laga penting, mungkin inilah yang membuat Sarri-ball tak bisa bekerja dengan baik.