City Bakal Samai Level MU dan Liverpool, Dalam Seperempat Abad

City Bakal Samai Level MU dan Liverpool, Dalam Seperempat Abad

City Bakal Samai Level MU dan Liverpool, Dalam Seperempat Abad

Berita Bola, Eks bek Manchester City Richard Dunne mengklaim The Citizen bakal bisa menyamai level Manchester United dan Liverpool, 25 tahun lagi.

City awalnya adalah klub medioker di Inggris. Levelnya kalah jauh dari rival sekotanya, Man United, sekaligus Liverpool.

Akan tetapi sejak diakuisisi oleh orang kaya dari Timur Tengah bernama Sheikh Mansour pada sekitar tahun 2008 silam, City mulai menggeliat. Mereka mampu membeli pemain kelas dunia dan status sosial mereka di Inggris dan Eropa sekarang naik.

Namun demikian, mereka jelas masih kalah dari MU dan Liverpool soal urusan koleksi gelar juara. City juga masih kalah populer di seluruh dunia dibanding kedua rivalnya itu.

Baca Juga : Solskjaer: MU Akan Bangkit Lagi

Situasi ini disadari oleh Dunne. Namun ia menegaskan bahwa level kedua klub itu bukannya tak bakal terkejar.

Ia yakin City akan bisa menyamai level keduanya. Hanya saja, hal itu akan memerlukan waktu yang cukup lama.

“Jika City ingin menjadi klub sebesar United atau Liverpool dan memiliki basis penggemar besar di seluruh penjuru dunia, mereka harus terus menang selama 25 tahun lebih,” kata Dunne pada Planet Football.

“Jika mereka dapat memenangkan trofi setiap tahun selama itu, mereka akan memiliki dua generasi pendukung yang telah menyaksikan mereka menikmati kesuksesan itu dan itu lebih dari mungkin ketika Anda melihat pondasi yang sekarang telah ditempatkan di klub,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dunne menyebut butuh dua generasi suporter agar City memiliki basis dukungan masif di seluruh dunia seperti Liverpool dan MU. Generasi pertama adalah mereka yang sekarang tumbuh dengan menyaksikan kehebatan City dan generasi kedua adalah anak-anak dari suporter itu.

“Anda tidak hanya memenangkan beberapa trofi dan menjadi klub terbesar di dunia, sehingga akan butuh dua generasi bagi City untuk membangun basis penggemar di luar dukungan mereka di Manchester yang akan membawa mereka dekat dengan klub seperti United dan Liverpool.”

“Generasi baru anak-anak sekarang tumbuh memandang Manchester City dengan cara yang sangat berbeda dan melihat mereka sebagai klub yang memenangkan trofi dan memainkan sepakbola yang hebat. Mereka akan mulai mendukung City sekarang dan anak-anak mereka akan mengikuti jejak mereka,” cetusnya,

“Begitulah cara United dan Liverpool membangun fanbase sebesar ini selama bertahun-tahun dan City akan mencoba dan melakukannya sekarang. Kedua klub itu telah berada di puncak sepakbola Inggris selama beberapa dekade dan tentu saja akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan level pendukung seperti itu,” tandasnya.